Komunikasi Bahan Kimia Berbahaya

Komunikasi bahan kimia berbahaya merupakan bagian yang sangat penting dari keselamatan anda pada waktu bekerja. Komunikasi bahan kimia berbahaya mengacu secara khusus pada komunikasi informasi keselamatan yang penting mengenai kandungan bahan kimia berbahaya yang ada dalam banyak barang yang anda gunakan atau berhubungan sehari-hari.
Komunikasi bahan kimia berbahaya adalah gabungan informasi yang diberikan pada anda oleh pabrik barang dan majikan anda, dan informasi yang anda miliki bersama mereka yang  bekerja dengan anda atau berada didekat anda.
Penting untuk diketahui bahwa meskipun suatu produk bahan kimia mengandung bahan-bahan yang berbahaya terhadap kesehatan anda adalah sangat mungkin bagi anda menggunakan produk dengan aman tanpa risiko,  cidera atau menderita sakit, bagi anda atau siapapun juga; anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan produk berbahaya dan mengikuti aturan pakai yang ditetapkan dan kewaspadaan penanganan sebagaimana ditetapkan.
Langkah pertama dalam komunikasi bahan kimia berbahaya dimulai dengan para pembuat produk. Mereka diharuskan membuat etiket pada tempat menyimpannya sehingga anda dapat mengenalinya dengan cepat data gangguan apa, bagaimana produk bereaksi dengan bahan kimia lain, tata cara pengeluaran dan tindakan pencegahan khusus, serta persyaratan alat pelindungan diri.
Perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan semua tempat penyimpanan beretiket secara memadai, bahwa MSDS’s tersedia untuk setiap produk kimia berbahaya yang dikenal di proyek, dan untuk menyediakan suatu daftar produk-produk itu dan lokasi gudangnya/penggunaan untuk acuan anda.
Anda, juga, bertanggung jawab atas komunikasi bahan berbahaya.

  • Bacalah selalu etiket pada wadah produk sebelum anda menggunakan produk itu. Pastikan anda mengetahui gangguan dan persyaratan-persyaratan perlindungan.
  • Jika informasi tambahan atau rinci dibutuhkan, lihatlah berkas MSDS.
  • Jika anda tidak yakin tentang bahaya produk atau  kewaspadaan keselamatan yang disyaratkan, jangan gunakan produk itu sampai anda yakin. Tanyakan pengawas anda untuk kejelasan atau bantuan segera.
  • Pastikan bahwa mereka dengan siapa anda bekerja atau berdekatan dalam kerja menyadari bahaya produk yang anda gunakan juga berbahaya bagi mereka dan tindakan kewaspadaan yang diperlukan.
  • Jika anda tidak yakin dimana berkas informasi atau daftar persediaan bahan kimia proyek berada terletak, beritahu pengawas anda segera.
Bekerja dengan produk kimia berbahaya dapat dilakukan dengan aman jika anda menggunakannya dengan betul dan melindungi diri anda dengan tepat. Gunakan informasi yang tersedia untuk meyakinkan bahwa pertanyaan-pertanyaan anda terjawab dan pekerjaan anda dilakukan dengan aman.

0 Comments:

Posting Komentar